Apa Itu Voice Over dan Dubbing?

Voice over adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada teknik produksi di mana suara yang bukan bagian dari narasi digunakan di radio, film, televisi, teater, atau presentasi. Ini juga dikenal sebagai komentar di luar panggung atau di luar kamera.

Saat ini, voice over juga dapat merujuk ke sejumlah perangkat di mana suara digunakan untuk menyampaikan pesan – melalui iklan, animasi, video game, video perusahaan, video pelatihan, buku audio, dan pesan suara.

Penggunaan voice over secara komersial dimulai sejak awal siaran radio. Aktor suara melakukan pengumuman dan iklan secara langsung, juga melakukan komedi atau drama radio. Dengan munculnya televisi dan yang membutuhkan perekaman dan pengeditan suara yang efektif, voice over kemudian digunakan untuk iklan televisi dan dalam narasi acara tv dan perkenalan sebuah program acara.

Sekarang, karena iklan dan dunia periklanan tidak hanya terbatas pada radio dan televisi, pengisi suara juga digunakan untuk iklan internet dan aplikasi seluler / komputer.

Voice over kini juga diterapkan untuk dunia pendidikan – dari berita hingga non-fiksi, dari buku audio hingga video e-learning. Anda sering mendengar voice over oleh reporter atau frontliner berita yang menggambarkan atau menyajikan ringkasan berita;  suara narator untuk saluran pendidikan seperti National Geographic atau Discovery Channels; siaran olahraga langsung juga banyak menggunakan voice over.

Audiobooks tentu saja dapat dianggap sebagai salah satu perangkat pelopor dalam menggunakan voice overs sejak 1930-an ketika itu masih disebut “buku bicara”. Dengan munculnya pendidikan online, pembuatan video e-learning, Video pembelajaran elektronik juga merupakan sumber yang bagus untuk menggunakan jasa voice over.

Voice over sering digunakan untuk membuat cerita melalui karakter dan narasi. Penggunaan karakter dalam sebuah film animasi atau kartun adalah penggunaan voice over yang paling akrab atau populer di Indonesia dengan istilah “dubbing”. Dari film, animasi dan sekarang voice over bahkan merambah dalam permainan video interaktif atau game on line, voice over telah menjadi bagian integral dalam proses produksi.

Demikian pula, voice over juga digunakan dalam video pemasaran, video pelatihan atau video penjelasan untuk bisnis agar menjangkau audiens yang lebih luas.

Voice over adalah industri yang dinamis dan fleksibel. Akan selalu berkembang dan berkembang pula dalam perangkat penggunaannya.

Sebagai pengisi suara (voice over) atau aktor suara (dubber), karier ini juga dinamis dan fleksibel. Anda tidak harus mendapatkan pendidikan formal, namun mengikuti pelatihan dan workshop sangat disarankan. Anda bisa mulai dari usia berapa pun. Anda dapat melakukannya secara penuh waktu, atau memulai selama waktu luang Anda. Anda dapat fokus membangun karier Anda di satu jenis kategori pengisi suara atau mencoba  dalam beberapa gaya atau kategori. Sebagai contoh jika anda seorang perempuan… Anda dapat menjadi wanita dewasa yang memainkan suara seorang anak laki-laki.

Selalu ada ruang untuk bakat baru, terlepas dari usia, jenis kelamin, atau gaya suara Anda. Yang Anda butuhkan adalah keterampilan, bakat, dedikasi, kreativitas, dan semangat wirausaha untuk berhasil. Dan ingat, tidak ada yang instan dalam hal apapun di dunia ini.