Apa Itu Voice Over dan Dubbing?

Voice over adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada teknik produksi di mana suara yang bukan bagian dari narasi digunakan di radio, film, televisi, teater, atau presentasi. Ini juga dikenal sebagai komentar di luar panggung atau di luar kamera.

Saat ini, voice over juga dapat merujuk ke sejumlah perangkat di mana suara digunakan untuk menyampaikan pesan – melalui iklan, animasi, video game, video perusahaan, video pelatihan, buku audio, dan pesan suara.

Penggunaan voice over secara komersial dimulai sejak awal siaran radio. Aktor suara melakukan pengumuman dan iklan secara langsung, juga melakukan komedi atau drama radio. Dengan munculnya televisi dan yang membutuhkan perekaman dan pengeditan suara yang efektif, voice over kemudian digunakan untuk iklan televisi dan dalam narasi acara tv dan perkenalan sebuah program acara.

Sekarang, karena iklan dan dunia periklanan tidak hanya terbatas pada radio dan televisi, pengisi suara juga digunakan untuk iklan internet dan aplikasi seluler / komputer.

Voice over kini juga diterapkan untuk dunia pendidikan – dari berita hingga non-fiksi, dari buku audio hingga video e-learning. Anda sering mendengar voice over oleh reporter atau frontliner berita yang menggambarkan atau menyajikan ringkasan berita;  suara narator untuk saluran pendidikan seperti National Geographic atau Discovery Channels; siaran olahraga langsung juga banyak menggunakan voice over.

Audiobooks tentu saja dapat dianggap sebagai salah satu perangkat pelopor dalam menggunakan voice overs sejak 1930-an ketika itu masih disebut “buku bicara”. Dengan munculnya pendidikan online, pembuatan video e-learning, Video pembelajaran elektronik juga merupakan sumber yang bagus untuk menggunakan jasa voice over.

Voice over sering digunakan untuk membuat cerita melalui karakter dan narasi. Penggunaan karakter dalam sebuah film animasi atau kartun adalah penggunaan voice over yang paling akrab atau populer di Indonesia dengan istilah “dubbing”. Dari film, animasi dan sekarang voice over bahkan merambah dalam permainan video interaktif atau game on line, voice over telah menjadi bagian integral dalam proses produksi.

Demikian pula, voice over juga digunakan dalam video pemasaran, video pelatihan atau video penjelasan untuk bisnis agar menjangkau audiens yang lebih luas.

Voice over adalah industri yang dinamis dan fleksibel. Akan selalu berkembang dan berkembang pula dalam perangkat penggunaannya.

Sebagai pengisi suara (voice over) atau aktor suara (dubber), karier ini juga dinamis dan fleksibel. Anda tidak harus mendapatkan pendidikan formal, namun mengikuti pelatihan dan workshop sangat disarankan. Anda bisa mulai dari usia berapa pun. Anda dapat melakukannya secara penuh waktu, atau memulai selama waktu luang Anda. Anda dapat fokus membangun karier Anda di satu jenis kategori pengisi suara atau mencoba  dalam beberapa gaya atau kategori. Sebagai contoh jika anda seorang perempuan… Anda dapat menjadi wanita dewasa yang memainkan suara seorang anak laki-laki.

Selalu ada ruang untuk bakat baru, terlepas dari usia, jenis kelamin, atau gaya suara Anda. Yang Anda butuhkan adalah keterampilan, bakat, dedikasi, kreativitas, dan semangat wirausaha untuk berhasil. Dan ingat, tidak ada yang instan dalam hal apapun di dunia ini.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk memulai sebagai Voice Over Talent bagi pemula.

Latihan Vokal

Mulailah mempersiapkan suara Anda dengan serius saat latihan untuk menjadi pengisi suara atau voice over talent. Mulailah merencanakan rutinitas harian untuk melakukan latihan vokal dan pernapasan. Lakukan latihan membaca untuk meningkatkan artikulasi dan infleksi Anda. Berlatihlah membacakan kata-kata yang panjang dan sulit diucapkan; bacakan buku atau berita online dengan suara keras; lakukan twister lidah. Lakukan ini setiap hari untuk membangun dan memperkuat pita suara Anda, dan juga memperkuat keterampilan membaca Anda.

Lakukan Observasi dan Latihan Mimik

Dengarkan suara dari voice over talent lainnya. Amati kinerja pengisi suara di televisi, radio, film, video game, dan bahkan pada sistem pesan suara. Perhatikan berbagai gaya dan rentang suara. Anda dapat merekam yang menurut anda benar-benar bagus dan mencoba meniru mereka. Ini akan membantu melatih Anda dalam berbagai pendekatan yang berbeda, bagaimana cara kerja voice over. Ini juga dapat membantu Anda menentukan gaya dan jangkauan suara yang cocok dengan suara Anda.

Dengarkan Suara Anda

Setelah mengamati/observasi, merekam, dan meniru suara voice talent lainnya, rekam suara Anda sendiri dan dengarkan. Cara terbaik untuk meningkatkan skill adalah mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelebihan Anda. Jujurlah dengan diri sendiri – berusahalah untuk memperbaiki hal-hal yang masih sulit anda lakukan ketika sedang latihan. Mengkritik diri sendiri karena ini penting untuk belajar dari kesalahan dan mendapatkan perspektif yang lebih baik tentang ketrampilan voice over anda.

Cari dan Perluas Referensi

Kumpulkan pengetahuan Anda tentang voice over dan voice over talent secara online. Cari tempat pelatihan dan workshop di dekat daerah Anda, atau kelas kursus. Cari berita tentang pengisi suara di situs berita atau komunitas, dan bergabunglah atau daftar. Lihat situs voice over yang mempekerjakan voice over talent profesional dan dengarkan demo mereka yang berbeda-beda tipe suaranya, lalu pelajari. Adalah penting bahwa Anda mendengarkan demo dari pengisi suara atau voice over talent yang sudah berpengalaman agar anda tidak salah referensi.

Cari artikel, berita terbaru tentang industri voice over ini untuk informasi dan panduan tambahan.

Jaga Suara Anda

Ketika Anda memutuskan bahwa Anda ingin menjadi pengisi suara atau voice over talent, berarti Anda juga telah memutuskan bahwa Anda akan benar-benar menjaga suara Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas suara Anda, Anda harus menyingkirkannya – tidak lagi merokok, tidak minum terlalu banyak, tidak ada kebiasaan makan yang tidak sehat, tidak perlu berteriak. Dan Anda perlu mendapatkan kebiasaan baru yang akan membantu memperkuat pikiran, tubuh, dan suara Anda – minum lebih banyak air, berolahraga, banyak tidur.

Memulai Karir Sebagai Voice Talent?

Kenapa Tidak?

Voice Talent adalah profesi based on skill. Jadi siapapun yang memiliki bakat dalam bidang mengolah suara ataupun yang baru memiliki ketertarikan dalam bidang ini, dapat mengasah kemampuannya. Dengan metode pelatihan yang tepat dan dilatih oleh pengajar yang berpengalaman, maka siapapun bisa menjadi dan berprofesi sebagai voice talent profesional.

Lalu bagaimana memulainya?

Jika kalian sudah memiliki pengalaman sebelumnya atau secara tidak sengaja pernah diajak teman untuk  mengisi suara di media apapun seperti film, video presentasi, company profile dan lain-lain, mintalah file audio suara kamu dan simpan ke media penyimpanan apa saja, lalu mulailah menawarkan dan mengirimkan contoh suara kamu tadi ke studio-studio voice over yang kamu tahu.

Dan bagi yang  belum memiliki pengalaman dan baru ingin memulai karir sebagai Voice Talent, kalian bisa ikut dalam kelas pelatihan (kursus) untuk menjadi voice talent profesional.

Di Bengkel Digital Studio, kami membuka kelas pelatihan untuk menjadi voice talent profesional, dilatih langsung oleh pemilik Bengkel Digital Studio yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai Voice Director dan sudah berkecimpung di industri olah suara lebih dari 15 tahun.

Di Bengkel Digital, kami akan memperkenalkan beberapa kategori di industri voice over yang kesemuanya memiliki metode pelatihan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, voice over dan dubbing adalah 2 hal yang berbeda meskipun keduanya sama-sama merupakan proses mengisi suara. Singkatnya, perbedaan voice over dan dubbing terletak pada kebutuhan lipsync nya, voice over tidak membutuhkan lipsync sementara dubbing (film) sangat membutuhkan lipsync.

Untuk itu pelatihan voice over dan dubbing akan menjadi berbeda metodenya, selain berbeda metode pelatihannya, peruntukkan keduanya juga berbeda. Jika voice over lebih banyak digunakan untuk video presentation atau video corporate/business maka dubbing lebih diperuntukkan untuk film atau game.

Berapa lama masa training?

Di Bengkel Digital, kami memilki target dalam melatih peserta training yaitu 3 bulan, dimana perbulannya terdiri dari 8x pertemuan (2x 1 minggu) dan 3 jam untuk tiap pertemuannya. Dan untuk setiap pertemuan kami sudah menyiapkan kurikulum tahapan-tahapan pelatihan, sehingga pelatihan menjadi lebih terarah dan fokus.

Berminat mengikuti program training voice talent?

Kirim biodata kalian ke email studiobengkeldigital@gmail.com, kami akan mengirimkan formulir pendaftaran, detail kurikulum pelatihan dan informasi biaya investasi pelatihan.

 

 

Jasa Voice Over, Dubbing & IVR

JASA VOICE OVER

Voice Over lebih dikenal sebagai jasa untuk mengganti atau mengisi suara dengan membaca narasi pada sebuah video. Video Company Profile, Video Presentation, TVC adalah yang paling banyak menggunakan jasa ini.

 

JASA DUBBING

Dubbing atau sulih suara, Istilah ini diperuntukkan untuk project-project baik film ataupun video-video presentasi.

Dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi saat ini, jasa dubbing kini juga banyak diminati oleh provider game online di Indonesia maupun internasional.

Penyulih suara atau yang lebih akrab dengan sebutan dubber bukanlah profesi baru. Profesi ini pernah booming saat diberlakukannya ketentuan penggunaan bahasa Indonesia untuk film-film asing yang masuk Indonesia.

Tugas seorang pengisi suara adalah menggantikan dialog atau narasi dari bahasa asing atau bahasa originalnya ke bahasa lokal.

Tertarik dengan profesi ini, silahkan kunjungi halaman Lowongan Pekerjaan untuk informasi lebih lanjut.

 

JASA IVR

Jasa IVR (Interactive Voice Recording) adalah sebuah jasa merekam suara yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan Costumer Service pada sebuah perusahaan. Rekaman suara ini nantinya akan digunakan pada mesin penjawab telephone secara otomatis. IVR banyak sekali digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki produk dan jasa yang beragam, contoh perusahaan yang paling banyak menggunakan jasa ini adalah perusahaan perbankan, telephone provider, internet provider dsb.

 

Proses Pemilihan Talent

Kami akan mengirimkan beberapa sample suara talent dari project yang pernah kami kerjakan sebelumnya, agar klien dapat memilih karakter suara yang diperlukan untuk  voice over pada video presentation, business corporate, promotions, TVC dan Internet usage.

Sedangkan untuk jenis project dubbing baik film ataupun game online maka proses pemilihan dubber akan dilakukan proses audisi terlebih dahulu.